Loading...

Ini Kiat-kiat Ciamik Buat Wanita Karir di DJP

Langit merah jambu, sang surya bersiap-siap untuk kembali ke peraduannya. Bintang dan rembulan akan kembali menerangi malam. Seharian ki...



Langit merah jambu, sang surya bersiap-siap untuk kembali ke peraduannya. Bintang dan rembulan akan kembali menerangi malam. Seharian kita telah beraktivitas. Keringat yang sudah dikeluarkan hari ini mudah-mudahan menjadi pahala yang berguna di akhirat nanti. Aku pun sudah sampai di rumah pukul 17.30 WIB. Hari itu seperti biasa jumat yang penuh dengan surat tugas. Ada yang merencanakan dinas di luar kota tapi masih dalam satu wilayah Kanwil DJP Aceh maupun undangan dari Kantor Pusat DJP.

Anak-anak hal yang kurindukan ketika sampai di rumah. Hilang semua penat ini ketika melihat mereka yang begitu ceria. Tanpa menunggu waktu lama akupun berganti pakaian kemudian menyuapi si kecil untuk makan sore. Terlalu telat memang tapi apa boleh buat dari pada tidak sama sekali. Sudah lebih dua bulan Rifky, jagoan kecilku kutitipkan di rumah tetangga lamaku di Lambhuk. Alhamdulillah, sepertinya Rifky cocok dengan Bu Dar-panggilanku buat ibu asuhnya ini.

Setelah azan isa berkumandang dan aku pun belum sempat melaksanakannya. Di depan rumah dinasku aktivitas jalanan masih saja padat. Kami bertiga – Rifky, aku, dan si Kakak yang sudah berusia 8 tahun tertidur pulas tanpa memedulikan deru mesin kendaraan yang bising. Biasanya kalau sudah begitu si Kakak akan kubangunkan untuk membuat PR sekolah sebelum subuh sembari aku beres-beres rumah dan mempersiapkan kebutuhan anak-anak.

Tak bisa dipungkiri menjadi wanita karir harus mempunyai tenaga ekstra plus semangat yang tinggi. Ini masih lumayan bila dibandingkan dengan teman-temanku di kota besar yang harus lebih gesit lagi bergulat dengan waktu. Tak terbayangkan bila ia sedang beraktivitas di kantor lalu tiba-tiba mendapat kabar dari si mbak di rumah bahwa si kecil sakit panas tinggi. Waduh…..puyeng deh.

Pilihan untuk menjadi wanita karir bisa disebabkan oleh 3 hal yaitu sayang untuk meninggalkan karir yang sudah dirintis sejak masih lajang, penghasilan yang diperoleh lebih besar dari penghasilan suami, ataupun jenuh bila tidak bekerja di luar rumah. Ada satu prinsip yang harus benar-benar dipahami oleh seorang wanita karir bahwa walaupun berkarir di luar rumah namun tanggung jawab sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anak tidak diabaikan.

Mengutip dari sebuah tulisan “Wanita Karir Inspirasi Dunia” oleh Mekasaima bahwa ada bebarapa kiat –kiat bagi wanita karir agar dapat sukses di dalam dan di luar rumah. Diantaranya adalah:

1. Mencari Restu dan Dukungan Positif dari Keluarga
Seberapa tinggi khayalan dan impian seorang wanita semua itu akan terwujud jika mendapat dukungan yang kuat dari keluarga dan orang sekitar. Ketika si wanita mempunyai keluh dan kesah sang suami siap untuk memberikan pundaknya untuk berbagi lelah.

2. Tampil Cantik dan Menginspirasi
Wanita telah dilahirkan dengan kodratnya “cantik” , cantik hatinya dan baik budi pekertinya. Kecantikan seorang wanita akan terpancarkan ketika wanita tersebut melakukan kegiatan aktivis, sosial, politik yang beraroma positif. Dengan tampil cantik , tentunya akan menarik perhatian dan membuat publik terinspirasi. Inner beauty pun akan terpancarkan seiring dengan prestasi dan potensi dalam diri kamu. Semua wanita mengidamkan wajah yang cantik, tapi ini bukanlah poin penting. Karena kecantikan diri tidak hanya dari fisik saja, tetapi kecantikan wanita yang sesungguhnya ialah kecantikan hati dan tingkah laku nya.

Kecantikan bagi perempuan adalah napas, seperti oksigen yang harus mereka hirup untuk membuat jantung tetap berdenyut dan sel-sel tubuh tumbuh. Kecantikan bagi perempuan adalah keharusan.

3. Study Hard dan Kembangkan Potensi Diri
Tiap-tiap manusia wajib hukumnya mencari ilmu, selain untuk bekal hidup juga bekal untuk kelak ketika perhitungan amal. Ketika seseorang memiliki semangat hidup dan semangat untuk belajar keras, maka dengan mudah ia dapat menggenggam bumi. Belajar keras dapat membuat diri kamu menjadi individu yang memiliki pemikiran maju dan memiliki ilmu yang tinggi, tentunya jika kamu terus belajar maka akan terasah pula potensi-potensi terpendam yang dimiliki.

4. Cari dan Pilih Karir yang Cocok dengan Basic
Karir yang cocok dengan potensi yang dimiliki akan membuat semuanya searah dan sejalur, jadi kamu pastinya lebih menikmati dan mencintai pekerjaan mu. Karir mu pun akan merangkak naik .

5. Memiliki Attitude dan Menjaga Citra Pribadi
Tingkah laku atau attitude adalah poin terpenting yang harus dimiliki , tidak hanya untuk wanita, tetapi semua orang yang bernyawa harus memilik attitude. Attitude yang baik akan membawa dan mengarahkan kamu kearah yang baik.

Dalam pandangan masyarakat ketimuran, sikap dan citra seorang perempuan bagaikan sebuah permata. Sedikit saja melakukan kesalahan dalam membawa diri, maka image kamu bisa turun sangat drastis sehingga mengganjal karir kamu.

6. Fokus Terhadap Satu Tujuan
Karbon yang kamu impikan agar bisa menjadi intan, kini sudah didepan mata. Bulatkan tekad dan fokuskan kepada satu tujuan. Satu tujuan, satu visi, dengan beribu cara untuk mendapatkannya. Ingat, dalam pencapaian tujuan ada konflik atau masalah yang harus dihadapi. Jadi,bersabarlah dan tetap menjadi wanita yang kuat.

7. Manfaatkan “The Power Of Woman”
The power of woman? Jadi inget The Power of Love lagunya Celline Dion. The power of woman atau kekuatan wanita, mungkin terbesit di pikiran apa wanita punya kekuatan magic? Yup, bener banget kalau kamu berpikir bahwa wanita punya kekuatan magis. Kenapa? Soalnya, wanita dapat menghipnotis orang sekitar dengan appearance penampilan, gaya bahasa, tutur kata,kelembutan, insting nurani, special emotion, serta senyuman yang dapat membawa kamu terlontar ke ujung langit.

8. Professional
Wanita dituntut untuk bersikap profesional ketika telah terjun di dunia karir, karena umumnya ketika wanita memiliki masalah, maka akan sulit unutk menahan emosional. Faktanya, tingkat emosional yang dimiliki seorang wanita lebih tiinggi daripada pria. Jadi, profesionalisme sangat diperlukan. Ketika sedang diselimuti oleh berbagai duri, maka kamu para wanita harus bisa mencoba untuk melepaskan duri-duri yang menancap yang mencoba untuk mematahkan tujuan mu.

9. Seimbangkan Urusan Kerja dan Urusan Sebagai Perempuan
Segala sesuatu yang balance, akan berjalan baik. Jika seorang wanita bisa menyeimbangkan urusan kerja dan urusan pribadi maka akan menjadi tonggak kesuksesannya. Mencoba untuk meninggalkan kotak masalahmu , sebelum kamu masuk kedalam duniamu.

Nabi SAW pun berpesan bagi mereka yang bekerja, termasuk kaum wanitanya. "Sesungguhnya Allah SWT mencintai orang yang melakukan satu pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan profesional (al-itqan)." (HR al Baihaqi, Abu Ya'la, Ibn Asakir).

Maka berlomba-lombalah berbuat kebaikan yang bisa menginspirasi anak-anak agar sukses menjalani hidup dan juga berguna bagi orang banyak. Firman Allah SWT :"Dan orang laki-laki yang beriman dan perempuan yang beriman yang setengahnya adalah pemimpin bagi yang setengahnya mereka menyuruh berbuat yang maruf dan mencegah yang mungkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya mereka itu akan diberi rakhmat oleh Allah..." (At-Taubah, 9: 71). "Dan Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, syurga-syurga (Adn) yang mengalir didekatnya sungai-sungai, kekal merekadidalamnya.." (At-Taubah, 9: 72).\
*

Untuk teman-teman seperjuangan
Tetap semangat

Poppy Marjayanti
Pelaksana Subbagian Kepegawaian Kanwil DJP Aceh
Lokasi: Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Poppy Marjayanti 2605709543617061610

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan