Loading...

Menjaga Keseimbangan

“mas, boleh keguncangan itu mucul sesaat karena SK ini, tetapi segeralah cari keseimbangan baru, niscaya akan hilang dengan sendirinya, itu...

“mas, boleh keguncangan itu mucul sesaat karena SK ini, tetapi segeralah cari keseimbangan baru, niscaya akan hilang dengan sendirinya, itu hanya perasaan, sebab engkau juga belum merasakan sebenarnya apa dan bagaimana kondisi di sana”

Ucapan itu masih terngiang di telinga, dilantunkan lirih oleh seorang sahabat, sebut saja inisial SSA, sesaat ketika malam itu kita bersama membuka SK Mutasi, dan memunculkan nama saya di barisan nomor urut sembilan ratusan.

Hari-hari belakangan, saya melihat keguncangan melanda di sebagian pegawai DJP, baik di pihak yang tidak puas dan besaran tukin yang “akan” diterima, maupun pihak lain yang tidak nyaman dengan keguncangan dari pihak lain. Keguncangan pun rasanya terjadi di level pimpinan, melihat fakta pencapaian target masih jauh dari harapan maupun terobosan baru berupa peraturan yang dimentahkan pihak lain. Belum lagi keguncangan akibat “serangan” dari berbagai pihak termasuk di media massa.

Teman, adalah wajar ketika kita menerima kondisi atau kenyataan yang sama sekali di luar dugaan dan tidak terperkirakan, lalu sejenak muncul kekagetan, kekecewaan dan keguncangan dalam diri kita. Dan sebenarnya itulah kejadian yang biasa dihadapi seluruh orang, karena tidak ada seorangpun yang tidak pernah kena masalah.

Yang berbeda adalah penyikapan terhadap keguncangan-keguncangan itu, ada yang larut dalam keguncangan, ada yang terbawa emosi dalam pensikapan, ada yang cuek, dan ada pula yang menikmatinya seolah tiada masalah.

Sementara pensikapan yang berbeda itu tidaklah merubah kenyataan, sebab waktu terus berputar, dan suka atau tidak, mau atau tidak, roda perjalanan mesti bergulir, dan kita tidak mampu menghentikannya

Ketika ada sebuah keputusan, yang kita tidak mampu menolaknya, mari berusaha menjaga keseimbangan atau membuat kesimbangan baru, dengan cara-cara yang mudah, seperti:

Berdoa dan yakinlah tidak ada yang mampu melawan kehendak Nya, dan Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk hamba Nya

Bersyukur dan bersabarlah, sebab terlalu banyak nikmat yang diberikan Tuhan tetapi tidak kita sadari, dan tidak sebanding dengan sedikit keguncangan yang kita terima, apalagi Tuhan menjanjikan tambahan nikmat jika kita bersyukur. Sabar adalah senjata yang tidak pernah ada habisnya, kalau stok sabar kita serasa mau habis, sesungguhnya masih ada stok sabar yang belum kita gali, dan ingatlah selalu Tuhan bersama orang-orang yang sabar.

Berusahalah menyuarakan semampu kita, dengan cara dan sarana yang tepat, bukan mengumbar di tempat yang tidak pernah bisa menyelesaikan masalah, bahkan hanya menambah masalah menjadi besar, selanjutnya mari menikmati hidup yang hanya sekali dan berikan yang terbaik yang kita bisa untuk bangsa, institusi dan masyarakat.

Mari kita jaga keseimbangan, meski ada guncangan, rasakan sejenak, dan netralkan, lalu nikmatilah hidup kita.

Selamat bekerja, DJP Bisa, DJP Luar Biasa....











____________________
Falih Al Husnieka
KPP Pratama Sintang

Inspirasi 5340986280680930388

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan