Loading...

Untuk Allah Semata

Ikhlas memiliki banyak sekali pengertian yang pada dasarnya masing masing memiliki kemiripan dalam definisanya, diantaranya sebagai berikut ...

Ikhlas memiliki banyak sekali pengertian yang pada dasarnya masing masing memiliki kemiripan dalam definisanya, diantaranya sebagai berikut :
- Sesuatu yang murni yang tidak tercampur dengan hal – hal yang bisa mencampurinya (menurut bahasa)
- Menjadikan tujuan hanyalah untuk Allah tatkala beribadah
- Samanya amalan – amalan hamba antara yang nampak dengan yang ada di batin
- Melupakan pandangan manusia dengan selalu memandang kepada Allah

Segala kegiatan atau aktivitas kita di dunia ini pada dasarnya adalah merupakan ibadah dalam rangka mengumpulkan amal demi bekal di masa abadi kelak. Sebagaimana firman Alloh : “Tidaklah kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (Q.S. adz- Dzariyat: 56). Oleh karena itu, segala kegiatan yang kita lakukan hendaknya diniatkan untuk ibadah agar mendapat nilai dihadapan Allah SWT.

Perilaku ikhlas dapat kita terapkan bukan hanya saat melaksanakan hubungan dengan Alloh (hablumminalloh) saja, namun perlu kita terapkan dalam semua kegiatan kita. Dari pengertian – pengertian di atas, dapat kita sedikit simpulkan bahwa ikhlas itu dilakukan dengan niatan yang murni (tanpa pamrih/campuran maksud selain tujuan utama) dengan maksud beribadah kepada Allah dengan menyelaraskan antara apa yang ada di bathin dengan yang kita tunjukkan/nampak di hadapan manusia (dzahir) tanpa mempertimbangkan pandangan manusia dan hanya tertuju pada Allah.

Dengan perilaku ikhlas kita dapat memberikan segala potensi yang ada pada diri kita, artinya kita benar – benar melakukan dengan sepenuh hati apa yang menjadi tujuan kita dalam melaksanakan sebuah aktivitas. Misalnya dalam melaksanakan sedekah, bila tidak ikhlas maka kita tidak akan fokus mengejar apa yang menjadi tujuan utama kita yakni memberi bantuan pada orang lain atau meringankan beban orang lain, yang kita pikirkan bisa jadi perihal nominal yang dengan semakin besar kan menjadi nilai kebanggan dihadapan manusia lain.

Keikhlasan memang tidak bisa kita lihat dari dzahir saja, karena ikhlas tersembunyi rapat di hati setiap pelakunya. Dengan ikhlas jelas kita melakukan segala aktivitas dalam kehidupan dengan senanga hati, riang, karena kita tahu apa yang kita tuju sehingga menjadi fokus, ditambah berpahala pula karena memang diniatkan beribadah pada Allah. Bayangkan, dalam berkegiatan kita tidak ikhlas, padahal mau tidak mau kita harus melaksanakan atau menyelesaikan kegiatan itu, lebih baik kita berusaha untuk ikhlas bukan? Padahal kegiatan tersebut mau tidak mau harus kita selesaikan.

Musuh utama dari ikhlas adalah riya, disambung dengan ujub atau takabur. Dalam rentang jenjang sebuah aktivitas kehidupan, dapat kita paparkan dari tingkat “putus asa” pada titik terendah sampai pada titik “takabur” pada kulminasinya yang dapat membahayakan kita. Diantara dua titik ini yang paling netral ada di titik ikhlas. Ikhlas dalam beraktivitas sehingga bernilai ibadah maupun ikhlas dalam menerima segala takdir dari Allah. Sedikit di bawah takabur ada sifat riya yang membahayakan kita.


Berdasarkan keterangan hadits Riya/pamer itu bagaikan semut hitam yang berjalan di atas batu hitam dalam kegelapan malam. Ashtagfirullohal’adzim, ya Allah lindungi dan ampuni kami dari sifat riya. Sulit sekali mengenali ‘semut’ itu.

Dengan ikhlas, insya Allah diiringi dengan usaha yang maksimal dari kita dalam melaksanakan sebuah aktivitas hingga membuahkan hasil seperti yang kita harapkan, kalaupun tidak, sesungguhnya kita telah berusaha secara maksimal menerapkan sebuah metode yang Allah harapkan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, dan hanya dari Allah lah kita mengharapkan segala keberkahan. Semoga Allah senantiasa menganugerahkan keikhlasan pada diri kita dalam setiap langkah kehidupan yang kita tempuh. Amin Ya Robbal’alamin.


__________________________________________
Arie Wibowo
KPP Pratama Lubuk Linggau






Dakwah 493046763718402268

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan