Loading...

Karakteristik Surat Al-Maidah

Kajian Tafsir Tematik : Karakteristik Surat Al-Maidah oleh : Dr. Attabik Luthfi, Lc. MA. Al-Maidah artinya Hidangan, sebagaimana ter...

Kajian Tafsir Tematik : Karakteristik Surat Al-Maidah

oleh : Dr. Attabik Luthfi, Lc. MA.



Al-Maidah artinya Hidangan, sebagaimana tercantum dalam Al-Maidah ayat 112:


(Ingatlah), ketika pengikut-pengikut Isa berkata: "Hai Isa putera Maryam, sanggupkah Tuhanmu menurunkan hidangan dari langit kepada kami?". Isa menjawab: "Bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang yang beriman".

Terdapat 10 ayat yang termaktub kata-kata hidangan. Al-Maidah juga disebut Surat halal dan haram, karena membicarakan juga tentang makanan, minuman, dan pernikahan.

Al-Maidah termasuk surat yg terakhir turun, karena terdapat ayat yang menegaskan kesempurnaan Islam (Al-Maidah:3)



Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

5 Pondasi Dasar Hukum :
1. Menjaga agama
2. Menjaga nyawa
3. Menjaga akal
4. Menjaga kehormatan
5. Menjaga harta

Ajarkanlah surah Al-Maidah kepada anak laki-lakimu, sebagaimana kamu mengajarkan surat An-Nur kepada anak-anak perempuanmu.

Ada 88 ayat dalam Al-Qur'an yang diawali dengan "Ya Ayyuhalladzina amanu", 16 diantaranya (terbanyak) ada di surat Al-Maidah.
Biasanya, setelah "Ya Ayyuhalladzina amanu" dilanjutkan dengan perintah atau larangan. Perintah dan larangan ini keduanya untuk kebaikan manusia.

Ada dua surat yang diawali dengan "Ya Ayyuhalladzina amanu" yaitu Al-Maidah dan Al-Hujurat

Poin-poin penting surat Al-Maidah:

  1. Diawali dengan perintah untuk menepati janji, karena pada saat itu mengingkari janji merupakan tradisi bagi yahudi madinah.
  2. Syiar-syiar Allah (Ya Ayyuhalladzina amanu).
  3. Pengganti wudhu adalah tayammum.
  4. Memenuhi permintaan dalam rangka kebaikan adalah wajib.

Istisqa (meminta hujan) dalam 3 bentuk:
1. Doa,
2. Sholat,
3. Atau gabungan sholat, doa dan khutbah




*****

Agenda Kegiatan 9062997782992191463

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan