Loading...

Tak Ada Lagi Akbar

Di antara jejakku di Jakarta adalah Musholla Nurussa'adah. Dia ada di gang Salak, deket taman Mpu Sendok di kelurahan Selong. Di belaka...

Di antara jejakku di Jakarta adalah Musholla Nurussa'adah. Dia ada di gang Salak, deket taman Mpu Sendok di kelurahan Selong. Di belakang SCBD. Sudirman Central Business District. Musholla itu yang menemaniku setahun ke belakang ini.

Musholla kecil yang terancam tak lagi ada. Beberapa rumah di sekitarnya, sudah dirobohkan. Entah oleh siapa dan entah untuk apa. Meninggalkan ruang setengah kosong setengah puing dan menancapkan sejumlah tanya. Mungkin gedung-gedung tinggi di sekitar musholla itu masih butuh  beberapa kawan lagi. Mungkin akan ada gedung tinggi yang akan lahir menemani mereka yang telah ada.
Mungkin.


Di musholla itulah ada Akbar. Anak laki-laki kelas 4 SD yang rajin ke musholla. Bukan cuma shalat biasa, bahkan sholat Subuh pun, dia ada di sana.
Keberadaannya menyejukkanku. Di tengah keterpisahanku dengan laki-lakiku, Akbar menjadi pengobat rinduku.
Datangnya, pulangnya, celotehnya, ceritanya, pertanyaan-pertanyaannya, dzikir kilatnya, jabat tangan pada pamannya setelah sholat, dan semuanya. Pengobat rindu.

Tugas kantor telah membuatku tidak lagi dekat dengan musholla itu. Tidak akan ada lagi Akbar. Tidak dekat lagi dengan Nurussa'adah.

Semoga masih ada musholla, agar masih ada Akbar, dan masih besar harapan perbaikan dan kebaikan. Aamiin.
Laa sahla illa maa ja'altahu sahlan.



Jakarta, 4 April 2016



________________________________________
Eko Novianto Nugroho
KPP Madya Jakarta Pusat





Kisah 7185470796088109133

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan