Loading...

Penjelasan

"Innahul haq..", kata Jum'ah Amin Abdul Azis. "Islam adalah kebenaran. Kebenaran yang membutuhkan penjelasan", lanj...

"Innahul haq..", kata Jum'ah Amin Abdul Azis. "Islam adalah kebenaran. Kebenaran yang membutuhkan penjelasan", lanjutnya. Innahul haq alladzi yahtaju ila tibyaani.

Penjelasan.

Bukan caci maki. Bukan sumpah serapah. Bukan kemarahan yang dipamerkan. Bukan keputusasaan yang diumbar. Tapi penjelasan.

Dalam situasi yang membingungkan, dalam situasi yang berbalik-balik, ketika benar jadi salah, ketika salah jadi benar, ketika yang tetap diubah, atau ketika yang bisa diubah dijadikan mitos, saat itulah dibutuhkan penjelasan.

Dan penjelasan terbaik adalah tampilnya sosok yang punya determinasi dakwah. Sosok semacam ini akan punya tiga kemanfaatan. Pertama, untuk jadi tuntunan praktis. Kedua, untuk mengingatkan orang-orang yang sombong. Dan ketiga, untuk membantu menciptakan optimisme bahwa Islam bisa dipraktikkan.

Sosok ini akan menunjukkan betapa kecilnya nilai dunia, menunjukkan bahwa syahwat bisa dikendalikan, menunjukkan bahwa bujuk rayu bisa diabaikan, menunjukkan bahwa pangkat, jabatan, dan kepentingan itu menggelikan, dan sosok ini dapat menunjukkan bahwa tashawwur dan aqidah itu bisa tegak di dunia kita yang sekarang. Sosok semacam itu akan menunjukkan dan menjelaskan bahwa kita ini sosok yang ecek-ecek, murahan, gampangan, dan berkualitas rendah.

Dengan menatapnya, kita bisa merasa malu.

Kalau tak bisa menjadi dirinya, -setidaknya- milikilah dirinya.



_____________________________
Eko Novianto Nugroho
KPP Madya Jakarta Pusat





Hikmah 7031587061160757572

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan