Loading...

Bekerja Menuju Allah

Yaa ayyuhall insaanu innaka kaadihun ilaa robbika kadhaan famulaaqiihi “Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sun...

Yaa ayyuhall insaanu innaka kaadihun ilaa robbika kadhaan famulaaqiihi

“Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemuiNya” (QS 84:6)

Saudaraku, pada saat merenungi keberadaan kita, adakah yang masih bertanya untuk apa, sebagai apa dan ngapain aja sampai hari ini? Di usia yang telah kita nikmati hingga hari ini sudah sepantasnya mulai berhitung, mulai menghisab apa saja yang telah kita lakukan sampai detik ini. 

Saat saya merenungi kenapa pula saya harus memaksakan diri hidup jauh dan terpisah dengan keluarga, bahkan sebagaian orang mungkin berpikir kok anda ngoyo sekali bekerja dibela-belain pisah dengan keluarga, apa yang kau dapat? Hasilnya sebanding kah dengan yang kau keluarkan? Pada saat seperti itu saya akan kembali kepada ayat penyemangat,   “Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, maka pasti kamu akan menemuiNya”

Bahwa Allah tidak pernah iseng ketika meletakkan hambaNya pada titik-titik yang bahkan kita tidak paham maksudnya. Di manapun berada, Allah telah menyiratkan dalam ayat di atas bahwa manusia itu harus bekerja, bekerja dengan kesungguhan karena kelak  akan kembali menjumpai Allah  untuk menjemput balasanNya. Untuk itu Allah telah memberikan modal dasar kepada setiap manusia sebagai alat untuk bekerja.  Jenis modal tersebut antara lain :

  1. Umur
    Allah telah berikan modal dalam bentuk waktu, waktu yang kita miliki harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bekerja.
  2. Fisik
    Modal fisik yang Allah berikan tidak akan ternilai bila dirupiahkan. Dengan mata, telinga, mulut, tangan dan kaki serta anggota fisik lainnya kita bekerja menuju Allah.
  3. Harta Benda
    Siapapun kita pasti punya harta benda meski dalam jumlah dan kapasitas berbeda, harta tersebut harus menjadi modal  untuk  bekerja. Jadikan harta benda tersebut sebagai sarana bekerja yang sungguh-sungguh untuk Allah. 
  4. Ilmu
    Apapun latar belakang ilmu yang kita miliki, itulah modal untuk bekerja. Ilmu akan lebih bermanfaat ketika ia tidak stuck dan diam saja  tersimpan dalam otak pemiliknya. Ilmu akan menjadi  sarana yang mempermudah dalam bekerja. Akan sangat berbeda orang yang bekerja berdasarkan ilmu dan tanpa ilmu.

Empat faktor itulah yang telah Allah berikan kepada manusia sebagai  modal dasar bekerja.   Bekerja disini bukan dalam arti sempit suatu pekerjaan yang mendatangkan uang, namun bekerja dalam makna lebih luas. Karena pada hakekatnya semua hal yang dilakukan manusia judulnya adalah amal/berbuat/bekerja. Apapun aktivitas tersebut sesungguhnya kita sedang bekerja. Masalahnya terletak pada bagaimana bekerja yang mendatangkan keberkahan sebagaimana yang Allah kehendaki.  Setiap manusia mungkin akan punya pilihan yang berbeda.  

Karena modal yang dipunyai manusia  berbeda dalam kapasitas baik umur, fisik, harta maupun ilmu, maka Allah membingkainya dalam kriteria yang dengannya Allah akan melihat sebagai parameter kesungguhan.  Kriteria yang dimaksud adalah bekerjalah dengan Islam, Iman dan Ihsan.

Hadis ke 2 dari kumpulan hadist arbai’in yaitu tentang Islam, Iman dan Ihsan.

Diriwayatkan dari Umar bin Khatab, “Suatu hari, disaat kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah Saw. Tiba-tiba muncullah seorang laki-laki yang mengenakan pakaian serba putih, rambutnya hitam pekat, tidak berjejak, dan tidak seorangpun diantara kami yang mengenalnya, sampai dia duduk di depan Nabi Saw. dan menyandarkan kedua lututnya pada lutut Nabi Saw. seraya meletakkan kedua telapak tangannya diatas paha belia. Kemudian ia berkata, Wahai Muhammad, ajarilah aku tentang Islam,
Nabi bersabda, Islam adalah hendaknya engkau bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul-Nya, engkau mendirikan solat, mengelurkan zakat, berpuasa ramadhan, dan menunaikan ziarah haji ke baitullah jika engkau mampu menempuh perjalanannya. 
Segera saja laki-laki itu berkata, “Engkau benar wahai Muhammad.” 
Dia kembali berkata, Wahai Muhammad kabarilah aku tentang iman,
Muhammad bersabda, iman adalah hendaknya engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan beriman pula kepada ketentuan (qadar) baik ataupun buruk , ”Engkau benar Muhammad,
 Kemudian ia berkata lagi “jelaskan padaku tentang ihsan”
Rasulullah bersabda ”Hendaknya engkau menyembah Allah seakan-akan melihat-Nya atau jika engkau tidak melihat-Nya, maka Alla-lah yang melihat engkau.

Umur terbatas, fisik terbatas, harta benda terbatas dan ilmu pun terbatas. Namun dalam semua keterbatasan itu Allah menghendaki agar bekerja dengan sungguh-sungguh melibatkan keislaman, keimanan dan keihsanan kita.

Bagaimana dengan keterbatasan modal tersebut tetap bisa melibatkan keIslaman kita dalam bekerja. Islam adalah ibadah yang tampak, sholat, puasa, zakat, haji apalagi. Islam menjadi tampilan keseharian dalam bekerja. 

Dalam keterbatasan modal tadi ada iman yang akan melandasinya, meyakini bahwa semua yang dikerjakan adalah bagian dari skenario Allah untuk menuntun menjumpainya, sehinga  tidak akan main-main dalam bekerja. 

Pun saat tidak ada yang mengingatkan atau mengawasi, ihsanlah yang mendasarinya, bekerjalah maka Allah akan melihat. Bekerjalah maka Allah akan memberi imbalan atas jerih payah.

Bekerjalah dengan islam, iman dan secara ihsan karena ternyata imbalan yang Allah berikan tergantung pada jenis pekerjaannya. Pekerjaan yang membawa kebaikan atau justru pekerjaan yang menjerumuskan manusia jauh kepada Allah.

Bekerjalah dengan islam, iman dan ihsan karena kelak orang yang menerima kitab catatannya dari sebelah kanan akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah, diringankan hisabnya. 

Dengan 4 modal yang terbingkai dengan islam, iman dan ihsan semoga menjadikan kita hamba Allah yang selalu bekerja dalam kesungguhan. 


Aamiin.
Denpasar, 09-03-2018





________________________________________

Yayuk Tri Yustiana 
Kanwil DJP Bali






Yayuk Tri Yustiana 3464692642101524443

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan