Loading...

Ada Banyak Cara Untuk Bahagia

"Alhamdulillah, anakku selalu dapat juara kelas", kata bu Maryam (nama samaran) dengan bangga menceritakan prestasi anaknya...



"Alhamdulillah, anakku selalu dapat juara kelas", kata bu Maryam (nama samaran) dengan bangga menceritakan prestasi anaknya. "Anakku sih gak juara kelas, tapi anakku sering menang dalam lomba yang dia ikuti. Minggu yang lalu juara satu lomba fashion muslimah", balas ibu Yati tak kalah bangga dengan anaknya.

Aku hanya diam mendengarkan. Tidak ikut nimbrung dengan mereka. Apa yang harus aku ceritakan? Apa yang harus aku banggakan? Aku punya empat orang anak. Tiga orang perempuan, dan satu orang laki-laki. Anakku biasa-biasa saja. Prestasi akademik tidak ada yang menonjol, apalagi prestasi non akademik.

Anakku tidak pernah ikut lomba fashion, tidak pernah ikut lomba  foto model, atau lomba sejenisnya. Kalau diminta ikut, pasti tidak mau. Alasannya malu dilihat banyak orang. Dan aku tidak memaksa mereka.

Kadang aku berpikir, apa yang salah dengan anakku? Kenapa mereka tidak berprestasi seperti anak lainnya? Kadang aku juga merasa sedih, merasa tidak bahagia, dan perasaan buruk lainnya yang tiba-tiba seperti hantu mendatangiku, jika membandingkan prestasi anakku dengan anak ibu-ibu istri pegawai di kantorku.

Aku berharap acara temu pisah pegawai yang masuk dan pindah ini segera cepat berakhir. Aku merasa minder, merasa malu dengan ibu-ibu yang semuanya dengan bangga menceritakan prestasi dan kelebihan anaknya masing-masing.

Hingga suatu hari aku sadar. Ternyata selama ini aku salah. Berawal dari acara silaturahim ke rumah salah seorang kenalan suami. Kebetulan kami membawa serta anak-anak. 

"Anakmu ceria terus ya, gak habis-habisnya bercanda dengan kakaknya", kata tuan rumah. Segera aku perhatikan mereka. Dan ternyata benar, anak-anakku bermain dan bercanda dengan gembira. Lari-lari kecil kesana kemari, seperti tidak kenal lelah.

Alhamdulillah akhirnya aku sadar, inilah kelebihan anak-anakku. Saat ini mereka belum unggul dalam bidang akademik. Tapi aku yakin kelak mereka akan berhasil dalam kehidupannya di masa yang akan datang.

Ternyata ada banyak cara untuk bahagia. Menyaksikan anak-anak sehat, ceria, dan tertawa adalah salah satu bentuk kebahagiaan orang tua.


____________________________
Dimpu Anisa
Kanwil DJP Sumatera Utara II





Keluarga 2096164577546908922

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan