Loading...

Hukum Halal Haramnya Makan Katak

Assalamualaikum wr.wb Uztadz, Saya ingin bertanya hukum halal haramnya makan katak, terima kasih sebelumnya E. Jakarta Jawaba...

Assalamualaikum wr.wb

Uztadz,
Saya ingin bertanya hukum halal haramnya makan katak, terima kasih sebelumnya

E. Jakarta

Jawaban :

Hukum mengkonsumsi katak masih diperselisihkan, akan tetapi menurut mayoritas ulama adalah haram, baik ketika masih hidup atau sudah mati, dimasak ataupun dijadikan sebagai obat. (Hanafiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah). Hanya madzhab Malikiyyah yang membolehkannya berdasarkan dalil umum. 

Katak termasuk hewan yang buruk untuk dikonsumsi, maka AllahTa’ala tidak menyuruh hamba-Nya untuk mengkonsumsi makanan yang buruk. Walaupun bisa digunakan sebagai pengobatan maka Allah Ta’ala telah menyiapkan obat lainnya yang jauh lebih baik dari katak. 
Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam juga melarang umatnya untuk membunuh katak. Dengan demikian  katak juga dilarang dikonsumsi, karena apabila binatang ingin dimakan, maka akan melalui tahap-tahap seperti menyembelih, bahkan jika memakannya hidup-hidup pun artinya membunuhnya. 
Diharamkannya suatu makanan memiliki banyak alasan dan berdasarkan dalil. Makanan bisa diharamkan berdasarkan dalil al-Qur'an seperti daging babi, bangkai, darah. 
Ada yang diharamkan berdasarkan dalil hadist seperti harimau, elang, dan lain-lain. 
Dan ada pula yang diharamkan berdasarkan ada larangan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam  dari membunuhnya seperti katak. 
Demikian pula ada sebab keharaman karena perintah untuk dibunuh seperti ular.  

Dalil diharamkan membunuh katak ; 
Dari Abdurrahman bin Ustman, ia berkata: 
أَنَّ طَبِيبًا سَأَلَ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ ضِفْدَعٍ يَجْعَلُهَا فِى دَوَاءٍ فَنَهَاهُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ قَتْلِهَا. 
Artinya: bahwa Thabib bertanya kepada Nabi saw tentang katak yang digunakan sebagai obat? Lalu Nabi melarang membunuh katak (HR Abu Dawud no. 3871, an Nasaai no. 4360 dan dishahihkan oleh al Albani no. 3279) 

Al Khathabi berkata: mengenai dalil haramnya katak kecuali yang masuk dalam apa-apa yang dibolehkan seperti hewan air. Semua yang dilarang membunuhnya. Maka larangan tersebut karena dua hal: kadang diharamkan karena zatnya sendiri seperti manusia dan kadang diharamkan karena dagingnya seperti as shurad, burung pelatuk dan yang sejenisnya. Adapun pengharaman katak karena alasan diluar dua alasan tadi. Yaitu nabi melarang dari menyembelih hewan tidak ada maksud lain melainkan untuk melarang memakannya 
Ibnu Umar ra berkata: 
لاَ تَقْتُلُوا الضَّفَادِعَ فَإِنَّ نَقِيقَهَا تَسْبِيحٌ 
Artinya: janganlah kalian membunuh katak karena sesungguhnya suara katak adalah tasbih (HR Imam Baihaqi dalam as sunan al kubra (9/318) dan sanadnya shahih)

Dr.Tajuddin Pogo



Konsultasi 6372219900593550609

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan