Loading...

Laporan Penyaluran Logistik Pengungsi Bencana Gempa Bumi, Tsunami, Dan Likuefaksi Palu Sigi Donggala - LAZ Salahuddin KPDJP

LAPORAN PENYALURAN LOGISTIK PENGUNGSI BENCANA GEMPA BUMI, TSUNAMI, DAN LIKUEFAKSI PALU SIGI DONGGALA - LAZ SALAHUDDIN KPDJP Bismill...

LAPORAN PENYALURAN LOGISTIK PENGUNGSI
BENCANA GEMPA BUMI, TSUNAMI, DAN LIKUEFAKSI
PALU SIGI DONGGALA - LAZ SALAHUDDIN KPDJP

Bismillahirrahmanirrahiim,
Penyaluran logistik dan kebutuhan pengungsi tersebar di beberapa titik pengungsian. Selain itu, tim lapangan LAZ Salahuddin menggandeng 5 lembaga kemanusiaan. Tujuan sinergi tersebut sebagai bagian dari ikhtiar tim lapangan untuk menjangkau lokasi pengungsian yang masih minim bantuan. Sehingga dengan membentuk grup relawan gabungan, informasi pendistribusian bantuan lebih tepat sasaran.

Lokasi pendistribusian antara lain:
1. Bukit Mamboro Boya
Di bukit ini, terdapat 200 KK pengungsi dari Kelurahan Mamboro. Sebagian besar dari mereka tidak memiliki rumah lagi karena tersapu tsunami.
- Kerjasama : One Care Cab. Palu
- Jenis Bantuan : Sarung, Mukena, Sajadah, Tikar Masjid, Atap Terpal untuk Masjid Darurat, Quran, dan Jilbab.

2. Masjid Mamboro
Masjid Mamboro hanya tersisa menara, dan warga sekitar sukarela membangun kembali Masjid tersebut.
- Kerjasama : One Care Cab. Palu
- Jenis Bantuan : Quran, Sajadah, Mukena, Iqro’, Peci, Sarung, Jilbab.

3. Bukit STQ
Terdapat 30 KK di lokasi pengungsian Bukit STQ. Pengungsi berasal dari Jalan Komodo, Talise. Jalan tersebut berhadapan langsung dengan bibir pantai Teluk Palu. Semua warga yang mengungsi di
Bukit STQ sudah tidak memiliki rumah. Rumah mereka luluhlantak akibat terjangan tsunami pada 28 September sesaat setelah gempa bumi menggetarkan Wilayah Palu, Sigi dan Donggala.
-  Kerjasama : Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Sulteng
- Jenis Bantuan : 30 Paket sembako berupa, Beras, Minyak, Mie Instan, Air Mineral. Selain itu bantuan juga berupa Diapers untuk balita dan Jilbab untuk Ummahat.

4. Desa Lolu Posko 5
Desa lolu merupakan tempat Hunian Sementara (Huntara) dibangun. Di lokasi ini, banyak pengungsi dari Sigi Biromaru, Jono Oge dan sebagian dari Petobo. Di posko 5 terdapat 161 KK yang tinggal di tenda-tenda darurat. Di sepanjang jalan Sigi Biromaru sebagian besar rumah ambruk akibat tidak dapat menahan guncangan gempa bermagnitudo 7,4 SR. Sedangkan Desa Jono Oge adalah lokasi Likuefaksi terparah di Kab. Sigi. Lokasi tersebut, satu desa hilang tak bersisa dan tergantikan dengan kebun kelapa dan jagung.
- Kerjasama : Turun Tangan Palu
- Jenis Bantuan : 161 paket sembako berupa, Beras, Minyak, Garam, Penyedap Rasa, dan Susu Formula untuk Bayi dan Balita di pengungsian.

5. Petobo
Hampir seluruh warga Petobo yang terdampak gempa bumi dan likuefaksi mengungsi di Kawasan Kawatuna. Kawatuna terletak kurang lebih 1000 meter di atas lokasi likuefaksi. Di kawasan ini pula dibangun huntara - huntara untuk warga Petobo. Komunitas ODOJ juga membangun Rumah Quran untuk anak – anak pengungsi Petobo.
- Kerjasama : Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Sulteng
- Jenis Bantuan : Alat masak berupa, Panci, Wajan, Kompor, Penanak Nasi untuk dapur umum 70 KK di Pengungsian tersebut.

6. Kawatuna
Salah seorang aktivis dakwah juga berinisiatif untuk membuka Rumah Belajar dan Ruang Senyum di rumah pribadinya. Terletak di Kawatuna yang dikelilingi Camp pengungsian Petobo, menjadikan rumah tersebut oase bagi anak – anak di sekitar pengungsian. Banyak kegiatan untuk anak – anak pengungsi Petobo yang terselenggara di sana. Antara lain : Dongeng Anak Sore, Belajar Huruf Hijaiyah, Taman Bacaan, Ahad Ceria Rekreasi bersama Anak Petobo.
- Kerjasama : Aktivis Dakwah IZI
- Jenis Bantuan : Buku Bacaan, Iqro’, Terpal Alas, Peci, Alat Tulis.

7. Biromaru
Terletak di perbatasan bencana likuefaksi Petobo dan Jono Oge. Menjadikan Rumah Sakit Lapangan (RSL) milik Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) rujukan bagi pasien darurat dan pengungsi di sana.
RSL ini memiliki fasilitas medis yang sangat mumpuni. Meski hanya terbuat dari tenda tiup, namun RSL BSMI dilengkapi ruang OK untuk tindakan operasi. Selain itu, alat dan ruangan untuk foto Rontgen pun terinstal dalam tenda tersebut.
- Kerjasama : Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI)
- Jenis Bantuan : Program Air Bersih dengan menyediakan 3 Tandon Air Ukuran 1200 lt, Pompa Air Alkon 2 “, dan aksesoris. Pemberian dana operasional RSL. Selain itu, tim lapangan LAZ Salahuddin bersama BSMI berkomitmen untuk membangun Masjid Darurat di Desa Namo, Kec. Kulawi, Kab. Sigi.

8. Kulawi
Kecamatan Kulawi terletak kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari Kota Palu. Medan yang cukup terjal menjadikan Kecamatan Kulawi sulit untuk ditembus. Terdapat 21 titik longsoran di sepanjang perjalanan menuju kecamatan tersebut, menjadikannya terisolir dari distribusi bantuan. Pada masa tanggap darurat pasca gempa bumi dan tsunami, pengiriman bantuan menggunakan helicopter.
Namun setelah masa tanggap darurat dinyatakan selesai, maka terhenti juga pengiriman bantuan  ke daerah tersebut. Untuk menembus Kecamatan Kulawi, perlu ekstra hati-hati. Karena longsor sewaktu-waktu dapat terjadi. Meski demikian, bantuan juga harus tetap tersalurkan. Untuk memenuhi kebutuhan sementara pengungsi di Kecamatan Kulawi. Dan tim lapangan mendapat informasi bahwa ada mahasiswi asal  daerah Kulawi yang akan kembali ke kampung halamanannya. Tim lapanganpun bergerak cepat untuk mensuplai kebutuhan dasar untuk pengungsi di Kulawi.
- Kerjasama : Mahasiswi Universitas Islam Al Khairaat Palu asal Kec. Kulawi, Kab. Sigi
- Jenis Bantuan : Pakaian Layak, Beras, Diapers, Mie Instant, Selimut, Susu Formula, Air Mineral.

Besar harapan tim lapangan di Kota Palu untuk selalu turut berperan aktif dalam mengemban amanah
dan dakwah hingga ke pelosok negeri. Dan Insyaallah tim lapangan bersedia untuk terjun ke lokasi-lokasi yang membutuhkan uluran tangan para muhsinin.

Demikian laporan tim lapangan LAZ Salahuddin KPDJP dari lokasi bencana gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala. Semoga semua amal kita dicatat oleh Allah sebagai ibadah dan diganjar keridhoan-Nya. 
Dan semua salah khilaf kita semua mendapat ampunan hingga kita kelak menghadap sang Khalik.

Jazzakumullah khairan katsiron, Barakallahu fiik.













LAZ 7229494940106959115

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Populer 7 Hari Terakhir

Random Posts

@salahuddinDJP

Kunjungan